ITIL: Memahami dan Menggunakan Manajemen Layanan TI

ListBerita – ‘ITIL‘ adalah istilah yang dengan cepat mendapatkan daya tarik di dunia TI. Hal ini sering salah digambarkan sebagai ‘tata kelola TI’ – pada kenyataannya, tentu saja tidak demikian. ITIL adalah kumpulan praktik terbaik yang membantu perusahaan menerapkan budaya Manajemen Layanan TI.

Namun, popularitasnya yang semakin meningkat mencerminkan dampak signifikan yang dapat dimiliki perusahaan terhadap TI dan kinerja bisnis, dan fakta bahwa, bersama dengan kerangka kerja lainnya, ini adalah komponen penting dalam menciptakan tata kelola TI yang sebenarnya.

Apa itu Manajemen Layanan TI?

Bisnis saat ini semakin disampaikan atau diaktifkan menggunakan teknologi informasi. Manajemen bisnis dan TI memerlukan panduan dan dukungan tentang cara mengelola infrastruktur TI untuk meningkatkan fungsionalitas dan kualitas secara hemat biaya.

Manajemen Layanan TI adalah konsep yang berkaitan dengan bagaimana mendefinisikan dan memberikan panduan dan dukungan ini. Sama dengan praktik manajemen modern lainnya, ia melihat sesuatu dari perspektif pelanggan, yaitu TI adalah layanan yang diterima pelanggan atau konsumen.

Ini mungkin terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan fasilitas komunikasi, tetapi pelanggan menganggapnya sebagai entitas yang independen dan koheren.

Jadi apa itu ITIL?

ITIL, yang merupakan singkatan dari ‘IT Infrastructure Library’, adalah serangkaian praktik terbaik di jantung pendekatan Manajemen Layanan TI. Ini memberikan panduan tentang bagaimana mengelola infrastruktur TI untuk menyelaraskan layanan TI dengan harapan bisnis.

ITIL adalah kerangka kerja praktik terbaik yang memberikan pengalaman terkonsolidasi organisasi di seluruh dunia tentang cara terbaik mengelola layanan TI untuk memenuhi harapan bisnis.

ITIL awalnya dikembangkan pada 1980-an oleh Badan Komputer dan Teknologi Pusat Inggris (CCTA), sebuah badan pemerintah yang menciptakan ITIL versi 1 untuk menggabungkan berbagai teknologi vendor dan melayani organisasi dengan kebutuhan teknis dan bisnis yang berbeda.

Sebagai penerbit resmi perpustakaan ITIL, CCTA menjadi bagian dari Government Office of Commerce (OGC), yang memperbaruinya, merilis versi 2, dan terus mengembangkan serta mendukungnya.

ITIL sejak itu telah diadopsi secara luas di seluruh dunia baik di sektor publik maupun swasta dan dianggap sebagai praktik terbaik yang diterapkan dalam organisasi dari segala bentuk dan ukuran.

Apa yang membentuk Perpustakaan ITIL?

Dokumentasi ITIL terdiri dari tujuh ‘cluster’ atau ‘unit’: Service Support, Service Delivery, ICT Infrastructure Management, Security Management, Service Management Application Planning, Business Perspective, dan Applications Management.

Dari jumlah tersebut, Dukungan Layanan dianggap sebagai komponen utama dari kerangka kerja ITIL, yang mencakup isu-isu penting seperti Pengiriman Layanan dan Manajemen Keamanan, Manajemen Insiden, Manajemen Konfigurasi, Manajemen Perubahan, Manajemen Kontinuitas Layanan TI, Manajemen Ketersediaan, dan Manajemen Keamanan TI.

Belajar tentang ITIL

Tujuh volume ITIL telah diterbitkan oleh penerbit resmi pemerintah Inggris, The Stationery Office, dan tersedia di sini. Selain itu, untuk mendapatkan ikhtisar dan gagasan tentang cara menavigasinya, akan sangat membantu untuk merujuk ke salah satu dari beberapa teks pengantar yang disarankan.

‘Dasar-Dasar Manajemen Layanan TI Berbasis ITIL – Sebuah Pengantar’ secara luas diakui sebagai titik awal terbaik dan panduan belajar mandiri. ‘Menerapkan Proses Manajemen Layanan dan Dukungan – Panduan Praktis’ adalah buku pegangan yang komprehensif dan komprehensif tentang subjek, sementara ‘Panduan Saku itSMF’ memberikan gambaran yang baik dari masing-masing komponen ITIL. Teks pendukung ini tersedia di

Mendapatkan sertifikat

Salah satu alasan peningkatan kesadaran ITIL baru-baru ini adalah publikasi pada bulan Desember 2005 dari standar global baru dimana bisnis dapat disertifikasi. ISO 20000 (atau ISO/IEC 20000:2005 untuk menamainya dengan benar) didasarkan pada standar Inggris BS15000 yang sudah ada sebelumnya – bahkan, hampir tidak dapat dibedakan.

Standar ini terdiri dari dua bagian: ISO/IEC 20000-1 adalah spesifikasi untuk Manajemen Layanan TI dimana aplikasi organisasi dapat disertifikasi; ISO/IEC 20000-2 adalah ‘kode praktik’ yang menjelaskan praktik terbaik dan persyaratan Bagian 1.

BS15000 telah digunakan secara luas di seluruh dunia sejak diterbitkan pada tahun 2003 dan telah diadopsi sebagai standar nasional yang hampir tidak berubah di Australia dan Afrika Selatan. Sejumlah perusahaan di AS, Eropa dan Asia telah disertifikasi sebagai BS 15000 compliant. Kami juga merekomendasikan beberapa buku bagus yang memberikan panduan untuk mencapai kepatuhan BS15000/ISO 20000.

Dengan diterbitkannya ISO 20000, BS15000 ditarik dan standar individu dan badan sertifikasi sedang mempersiapkan program transisi resmi mereka sendiri.

Sangat sulit membayangkan dunia tanpa komputer!

Sulit membayangkan dunia tanpa komputer! Ke mana pun Anda melihat, komputer bekerja untuk menyediakan layanan ini atau itu dan membuat hidup kita lebih mudah. Komputer, dalam satu atau lain bentuk, dapat ditemukan di kendaraan, dari mobil, truk, dan sepeda motor hingga moda transportasi skala besar seperti pesawat terbang dan kereta api.

Ini ada di TV, VCR, pemanggang roti, dll. Namun ketika kita memvisualisasikan sebuah gambar komputer, biasanya yang pertama terlintas di pikiran adalah PC, atau dikenal sebagai komputer pribadi.

Komputer pribadi dapat dibeli sebagai komputer desktop atau laptop dan memiliki banyak kegunaan yang berbeda. Sebagian besar dari kita akan tersesat di rumah, di tempat kerja, atau tanpa keduanya! Banyak perpustakaan umum menyediakan komputer untuk digunakan pengguna, karena ini adalah layanan yang tak ternilai bagi kita masing-masing. Email atau surat elektronik adalah cara tercepat untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dengan satu klik tombol “Kirim”, sebuah pesan dikirim melalui dunia maya dan dalam beberapa detik tiba di kotak masuk penerima. Siswa dari segala usia memanfaatkan Internet ketika tiba waktunya untuk mencari informasi untuk tugas sekolah mereka.

Dan hanya sedikit orang yang akan setuju bahwa menulis makalah dan laporan di komputer jauh lebih baik daripada mengetik di mesin tik tua yang reyot di masa lalu! Dan komputer memiliki keuntungan karena dapat menyimpan pekerjaan untuk penggunaan di masa mendatang, yang mengurangi banyak sakit kepala.

Komputer memproses informasi dan dalam beberapa hal sangat kompleks, sementara dalam hal lain sangat sederhana untuk dipahami. Untuk menjelaskan secara singkat bagaimana mereka melakukan ini, seseorang dapat melihat apa yang tertulis di monitor komputer (atau layar komputer) sambil mengetik serangkaian kata ke komputer melalui keyboard dan dengan bantuan mouse ) di depan mereka.

Apa yang bisa lebih sederhana? Sementara itu, bagian dalam komputer sibuk meninjau informasi yang dimasukkan dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh pengguna komputer.

Orang yang berkecimpung di bidang penulisan berkesempatan untuk merekam karyanya dengan dua cara, yaitu dengan merekamnya pada hard disk atau drive, atau dengan merekamnya pada disket atau CD. Beberapa orang memilih untuk melakukan keduanya, yang biasanya bijaksana.

Semua komputer dibuat dengan bagian-bagian tertentu dari mesin yang memungkinkan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka. Secara umum, setiap komputer dilengkapi dengan otak atau central processing unit (CPU), bank memori (cukup jelas, pikirkan memori Anda sendiri), papan sirkuit utama (sering disebut motherboard). ),

catu daya yang melakukan semua fungsi kelistrikan, hard drive sebagai unit penyimpanan permanen komputer, perangkat lunak standar (alias sistem operasi), IDE (pengontrol elektronik drive terintegrasi), PCI (atau bus interkoneksi komponen periferal), SCSI, pemindai atau anehnya diucapkan sebagai “skuzzy,”

sistem komputer kecil yang dapat dihubungkan dengan printer, dan kartu grafis dan kartu suara, yang masing-masing berhubungan dengan informasi visual dan data audio. Untuk menggunakan kartu grafis, AGP (atau port grafis yang dipercepat) diperlukan di komputer.