Semua yang perlu Anda ketahui tentang RSS

Apa yang dimaksud dengan RSS?

RSS dapat berarti tiga hal yang berbeda. RSS asli (RDF Site Summary RSS 0.9) dikembangkan oleh Dan Libby untuk Netscape. Setelah beberapa bulan, mereka menghasilkan versi yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan yang disebut Rich Site Summary atau RSS 0.91. Tetapi mereka kemudian kehilangan minat, meninggalkannya tanpa pemilik. Karena semakin banyak pengguna yang menggunakan RSS, Winer membuat versi adaptasi RSS 0.91 untuk Userland, mengklaimnya sebagai miliknya. Kemudian pada tahun 2005, Microsoft mengembangkan Really Simple Syndication sehubungan dengan Simple Sharing Extensions-nya.

Apa itu RSS?

RSS adalah format file XML untuk mensindikasikan konten dan berita di web. Biasanya digunakan oleh situs web yang terus-menerus perlu memperbarui konten mereka secara teratur seperti situs web berita (CNN, BBC dan Reuters) dan weblog. Karena pada dasarnya memberikan lebih banyak lalu lintas ke halaman web seseorang, sekarang lebih banyak digunakan dalam pemasaran, publikasi web, dan laporan virus. Saat ini, situs web besar dan kecil biasanya mendukung RSS.

Misalnya, Anda adalah penggemar berat bisbol dan ingin membagikan sesuatu yang terbaru tentang salah satu pemainnya. Selain konten, Anda juga dapat melampirkan file multimedia, seperti video atau gambar. Dengan menggunakan umpan RSS, pengguna Internet lain yang berlangganan situs yang mendukung RSS dapat membaca “judul” Anda secara gratis. Mereka juga dapat melacak perubahan dan pembaruan menggunakan agregator berita, yang akan dibahas nanti.

Bagaimana cara kerja RSS?

Untuk dapat menggunakan RSS, Anda harus terlebih dahulu mengunduh perangkat lunak (sistem manajemen konten), yang dengannya format XML dapat dibaca. Judul dan, kutipan artikel, dan tautan ke artikel lengkap ditampilkan. Selain hanya teks, Anda juga dapat menyisipkan file multimedia di RSS feed seperti gambar, video, mp3 dan lain-lain. Broadcatching, picturecasting, photocasting, dan podcasting adalah beberapa fitur yang dapat Anda masukkan ke dalam feed Anda, tetapi tidak akan dibahas dalam artikel ini.

Agar pengguna dapat mengakses umpan RSS, mereka perlu menggunakan agregator atau pembaca umpan. Agregator mencari pembaruan pada halaman web yang mendukung RSS lalu menampilkannya. Ini bisa berupa program mandiri atau ekstensi browser web, tergantung pada sistem operasi Anda. Mesin pencari untuk konten web yang disiarkan melalui RSS feed juga tersedia seperti Plazoo dan Feedster.

Bagaimana cara membuat umpan RSS?

Jelas lebih mudah membuat RSS feed jika Anda tahu HTML. Jika tidak, Anda dapat mendaftar untuk sebuah blog (ada ratusan di luar sana), beberapa di antaranya secara otomatis membuat RSS. Jika Anda menggunakan sistem pembuatan halaman web pribadi, Anda perlu memahami lebih lanjut tentang RSS. Membuat RSS feed dari awal relatif mudah.

Umpan RSS harus selalu berisi “item”, versi RSS mana pun yang mungkin Anda gunakan. Jika Anda menulis tentang peristiwa baru-baru ini di kota Anda atau resensi buku, isi artikel ini dapat berupa item. Item pada dasarnya terdiri dari tiga hal: judul, deskripsi, dan tautan (tempat mereka dapat menemukan halaman web Anda). Dalam memilih judul dan deskripsi, gunakan sesuatu yang paling menggambarkan konten web. Meskipun akan lebih mudah bagi Anda, itu tidak berarti bahwa tag judul halaman web Anda dan judul item adalah sama.

Item akan terlihat seperti tag HTML. Pertama, Anda perlu meletakkan tag saluran pembuka yang mendefinisikannya sebagai file XML. Kemudian, beri label tag sebagai item dengan meletakkan setelah tag saluran. Setelah ini, Anda sekarang dapat memasukkan tiga hal penting dari item Anda:

Pembaruan pada Direktori RSS

Direktori RSS sangat populer akhir-akhir ini. RSS awalnya banyak digunakan oleh situs berita untuk memungkinkan orang lain mensindikasikan berita mereka. Sekarang, banyak situs web lain yang menggunakan RSS. Ini digunakan dalam menandai berita utama forum baru, daftar lelang, daftar penjualan, dan lainnya.

Arti RSS sebenarnya tidak jelas. RSS mungkin atau mungkin bukan akronim, sebenarnya. RSS mungkin singkatan dari Really Simple Syndication. Tetapi yang lain mengatakan Ringkasan Situs Kaya dan terkadang Standar Sindikasi Kaya. Pencipta direktori RSS yang terkenal adalah Netscape. Itu dirilis sekitar bulan Maret 1999. Termasuk aplikasi UserLand yang disebut scripting news. Netscape berhenti mengembangkannya, tetapi UserLand terus melakukannya. Perusahaan lain, Kelompok Kerja RSS-DEV juga merilis versi mereka sendiri.

Direktori RSS adalah situs yang mengumpulkan semua tautan RSS dan menempatkannya dalam kategori berbeda untuk digunakan aplikasi lain. Ini mirip dengan web hosting, hanya saja bukan halaman web, mereka berisi tautan RSS. Tautan ini akan muncul di situs web dan ketika Anda mengkliknya, Anda akan diarahkan ke sumber utama tautan.

RSS memiliki banyak kegunaan bagi mereka yang ingin menggunakan Internet untuk pemasaran atau perdagangan. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dengannya:

Buat tautan dari situs web mereka ke situs Anda.
Jika Anda menjual atau mempromosikan sesuatu, lalu lintas web itu penting. Semakin banyak direktori RSS yang Anda unggah, semakin besar kemungkinan Anda melihat dan memeriksa situs Anda. Dan jika mereka telah menyesuaikan situs mereka dengan umpan RSS Anda, maka mereka akan mendapatkan daftar terbaru dari situs Anda ke situs mereka secara otomatis.

Menyusun analisis.
Jika Anda memiliki merek dan ingin tahu bagaimana kinerja pesaing Anda, Anda dapat menggunakan RSS untuk melihat apa yang mereka miliki sejauh ini. Dapatkan direktori produk atau layanan mereka sehingga Anda akan mengetahui secara langsung apa yang telah mereka hasilkan. Dengan data yang dikumpulkan, Anda sekarang dapat merencanakan bagaimana Anda dapat melawannya.

Melacak kemajuan Anda sendiri. Jika Anda bisa melihat pesaing Anda, tentu Anda juga ingin melihat bagaimana bisnis atau produk Anda juga berjalan. Dengan direktori RSS Anda sendiri, Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan apa yang Anda jual atau tawarkan.

Meningkatkan produktivitas.
Memasang direktori RSS, katakanlah untuk buletin, menambah efisiensi bagi perusahaan Anda. Jika Anda menggunakan RSS untuk mengirimkan buletin alih-alih mengirimkannya ke penerima, Anda akan menghilangkan kemungkinan surat Anda diklasifikasikan sebagai spam oleh pengguna, atau dikirim dalam akun surat tertutup.

Meningkatkan efisiensi.
Ada banyak situs web atau artikel berita yang dapat bermanfaat bagi merek atau perusahaan Anda. Terkadang, Anda ingin menambahkannya ke situs Anda. Tanpa menggunakan RSS, Anda harus menyalin semuanya dan mencatat di mana Anda mendapatkannya. Jika Anda menggunakan RSS, maka judul dan bagian dari cerita akan muncul di situs Anda. Dan ini adalah proses otomatis sekarang. Jika Anda menggunakan RSS, Anda hanya memasukkan direktori dan secara otomatis, judul muncul tanpa Anda melakukan banyak hal.

Posting direktori RSS dapat dikenakan biaya. Tapi manfaatnya mengalahkannya. Beberapa situs bahkan menawarkan posting direktori RSS gratis. Jika Anda baru memulai, Anda mungkin ingin memeriksanya. Semakin banyak direktori RSS yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda mengirimkan informasi kepada orang-orang yang tertarik dengan barang Anda. Alasan di baliknya adalah bahwa orang hanya akan mendapatkan RSS feed yang mereka minati. Jika mereka mendapatkan milik Anda, mereka pasti adalah target pasarnya.

Menyebarkan informasi secara online menjadi lebih mudah dengan RSS. Teknologi ini menyediakan cara yang hemat biaya untuk mentransfer fakta dan angka. Memanfaatkan itu pasti akan menambah pendekatan pemasaran Anda. Dengan itu, Anda memiliki jalan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan mudah.

RSS menggunakan XML untuk mensindikasikan halaman. Meskipun kedengarannya sedikit teknis, ada banyak situs web yang memiliki antarmuka yang ramah pengguna untuk memandu dalam membangun direktori Anda. Silakan dan pasang direktori RSS Anda sekarang. RSS telah terbukti penting. Itu tidak lagi menjadi pilihan; itu sudah menjadi kebutuhan.